NEWS
DETAILS
Rabu, 24 Jan 2018 11:39 - Koentoel Soerobojo

Assalamu’alaikum wr wb

Tunggangan kita yang bersinar memang tampak indah, namun apa yang terjadi apabila Sistem kelistrikan kita masih standar bawaan pabrik??? Nah sering kita jumpai pada setiap komunitas motor atau bisa dikatakan anak motor, kendaraan mereka tampak bersinar dengan lampu – lampu yang terpasang pada kendaraan mereka. Namun efek dari pemberian assesoris yang berlebihan dapat berdampak buruk pada performa kendaraan kita. Bagaimana tidak pabrikan sudah menguji coba setiap kendaraan yang akan diluncurkan dipasaran melalui tahapan QC (Quality Control) sebelum beredar dimasyarakat.

Sistem yang dibuat telah memebuhi standar kendaraan yang kita pakai mulai dari sistem kelistrikan hingga performa mesin kita, dengan fitur pada masing – masing motor. Kembali ke topik pembahasan, pemambahan lampu – lampu pada kendaraan kita haruslah disesuaikan dengan kebutuhan. Misal; Side Lamp, Lampu HID, Lampu Projie, Sirine, Klakson, Sein, dll. Karena sumber tegangan listrik kita Cuma 12,7V guys yakni yang ada pada beterai dengan kapasitas masing – masing kendaraan misal; 3,5AH, 5AH, 6AH, 7AH, dst. Kapasitas tersebut menunjukkan kemampuan baterai untuk menyuplai komponen kelistrikan dalam hitungan jam, misal pada baterai 12V/3,5AH baterai tersebut memiliki kemampuan menyuplai listrik sebesar 3,5 Ampere dalam 1 Jam/Hour. Pada sistem kelistrikan pada motor kita terdapat sistem pengisian yang bertujuan untuk memasok tegangan baterai untuk disimpan kembali pada baterai. Jadi baterai kita tetap terjaga tegangannya, untuk tetap stabil 12,7V.

Pemasangan asesoris yang berlebihan pada motor standar akan berdampak sebagai berikut;

  1. Baterai kita akan mudah undercharge (Suplai tegangan yang dikeluarkan lebih tinggi dari pada suplai pengisian tegangan baterai).
  2. Rectifier/kiprok akan bekerja sangat ekstra sehingga memperpendek usia Rectifier/kiprok mudah soak.
  3. Suplai tegangan pengapian berkurang (pada kendaraan yang memiliki sistem pengapian yang membutuhkan tegangan baterai).
  4. Penurunan Perfoma Mesin (Alternator/Spull akan bekerja ekstra untuk menyuplai tegangan pengisian yang berakibat Engine Brake pada mesin) Sperti yang pernah mimin bahas pada artikel beberapa waktu lalu

 

Dampak pemasangan asesoris motor yang berlebihan pada motor pada masyarakat sekitar:

  1. Pemasangan Lampu Dimmer tambahan serta penggunaannya disaat yang tak tepat akan bisa menyilaukan penglihatan pengendara didepan kita yang bisa megakibatkan kecelakaan lalu lintas
  2. Pemasangan serta penggunaan sirine dan rotator yang tidak tepat dapat mengganggu pengguna jalan lain serta melanggar Undang – Undang lalu lintas.
  3. Pemasangan box maupun side box yang tidak sesuai dengan panjang stang kemudi berisiko mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yang tidak diinginkan serta mengurangi hak pengguna jalan yang lain.

Oleh karena itu kita sebagai bikers yang bijak, diharapkan untuk menjadi panutan keselamatan dalam berkendara dijalan raya serta tidak mengurangi hak pengguna jalan yang lain. Serta cermat dalam menentukan asesoris yang aka diaplikasikan pada tunggangan kita agar tidak menyesal kemudian.

Sebagai saran apabila tunggangan kita terpasang asesoris yang melebihi kapasitas motor kita sebaiknya kita lakukan rubahan sedikit baik dari sistem kelistrikan, chassis hingga engine kita. Terima kasih.

Sekian

 

#CaRi_aMaN

Wassalamu’alaiku wr wb

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK