NEWS
DETAILS
Jumat, 27 Jul 2018 12:41 - Koentoel Soerobojo

Assalamu’alaikum wr wb

Kalian pengguna motor matic??? Sering mendengar suara – suara yang tak nyaman didengarkan??? Gak perlu risau kawan. Kali ini mimin mo kasih petunjuk perihal suara – suara yang tak nyaman di dengar pada motor matic kalian gak perlu risau dan tetap tenang aja mimin akan ulas satu – satu. Sebelum mimin ulas mimin mo kasih tau bahwa komponen CVT pada motor Matic terdiri dari 2 bagian besar yakni Drive Face Pulley dan Driven Face Pulley.

Drive Face Puller

 

Driven Face Pulley

Yuph 2 komponen besar tersebut yang sering terdapat kendala tak sedap yang dirasakan bagi rider. Berikut penyebab dari kendala – kendala yang tak sedap tersebut, Check it out:

  1. Terasa “gredek – gredek” saat opened Throttle

Jika terdapat kendala tersebut bisa saja terjadi akibat Roller Weight pada motor kamu udah aus rounded sudah berkurang (sudah gak berbentuk lingkaran) sehingga Drive Face Puller bergerak menekan V-Belt tidak merata pada putaran bawah/ saat start awal. Segera lakukan penggantian Roller Weight yang baru serta membersihkan rumah roller dari kotoran yang diakibatkan oleh V-belt yang aus serta kotoran roller yang aus.

 

  1. Bunyi “Klok – klok” saat closed Throttle

Jika terdapat masalah tersebut bisa disebabkan oleh komponen pada Drive Pulley yang benama karet Piece Slide sudah keras. Sehingga plat rumah roller weight goyang dan tidak dapat meredam hentakan akibat gaya sentrifugal pada Drive Pulley. Segera lakukan penggantian Part tersebut guna menghilangkan bunyi “Klotok – Klotok” pada CVT. Juga bisa di beri Siltape pipa dibalutkan pada Piece Silde yang lama secukupnya kira – kira saat dimasukkan pada pelat rumah roller agak rapat sedikit.

Sementara itu yang mimin ulas biar gak jenuh ama mimin xixixixixi. Untuk kendala – kendala berikutnya akan segera mimin tayangkan biar gak pada penasaran semua sekian.

Sekian

Wassalamu’alaikum wr wb

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK